TUGAS PENDAHULUAN MODUL 1


MENAMPILKAN INPUT KEYPAD PADA LCD

1.  Kondisi [Kembali]

Percobaan 3 Kondisi 19 (Ketika di tekan '#', keluar angka 12345678)


2. Rangkaian Simulasi [Kembali]

3. Flowchart[Kembali]



4.  Listing Program[Kembali]

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h>          //Deklarasi library keypad

const byte ROWS = 4;         //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3;           //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},                         //Inisialisasi keypad matriks 4x3
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
  // Set baris dan kolom LCD
  lcd.begin(16, 2);
  lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
  char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad
  if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
    if (key == '#'){
      lcd.print ("12345678");}  //Menampilkan input dari keypad pada LCD    
  }

}

    5. Video Simulasi [Kembali]


    6. Link Download [Kembali]

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar